Is the internet getting safer?

Connecting our human selves to our digital identities is hard. How does your bank know it’s really you behind the browser opening a new account? How does Facebook know the person logging in from a…

Smartphone

独家优惠奖金 100% 高达 1 BTC + 180 免费旋转




Heuristic Evaluation .

Heuristic Evaluation adalah bentuk pemeriksaan atau pengecekan nilai usability berdasarkan prinsip heuristic pada sebuah interface yang biasanya dilakukan oleh pakar dan peneliti yang telah memahami dan berpengalaman dalam menggunakan berbagai jenis interface.

Langkah-langkah untuk melakukan kegiatan Heuristic Evaluation, yaitu :

1. Evaluator (Penilai) memeriksa interface secara menyeluruh.

2. Proses penilaian interface didasarkan pada prinsip Heuristic.

3. Membuat daftar masalah Heuristic berdasarkan hasil pemeriksaan

Untuk melakukan Heuristic Evaluation, perlu juga memperhatikan hal-hal penting berikut:

· Evaluasi yang dilakukan berdasarkan Usability Guideline yang dipahami. Dengan demikian, masalah usability yang terdapat pada interface dapat diindentifikasi dan didata dengan tepat berdasarkan guideline yang anda pahami.

· Setiap masalah usability yang teridentifikasi sebaiknya disebutkan dan dicantumkan dengan jelas keterkaitannya, dan apa yang menjadi poin pentingnya.

· Perlu dilakukan pemeriksaan sebanyak dua kali. Pemeriksaaan pertama dilakukan hanya untuk scanning bagian interface secara menyeluruh. Sedangkan pemeriksaan kedua dilakukan untuk meneliti secara detail satau per satu elemen yang terdapat pada interface.

· Gunakanlah guideline lain pada proses evaluasi, jangan focus hanya pada satu guideline, karna hal lain dapat memberikan pencerahan pada anda mengenai masalah usability yang mungkin terdapat pada interface.

Perbedaan Heuristic Evaluation dan User Testing :

1. Menggunakan lebih dari satu evaluator

Dengan petunjuk ini, masalah usability yang terdapat pada sebuah interface lebih cepat ditemukan, karna ada beberapa orang yang melakukan pemeriksaan dengan cara dan hasil yang berbeda beda pula

2. Alternatif dengan melakukan User Testing

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan lah Heuristic Evaluation secara bergantian dengan kegiatan User Testing agar hasil pemeriksaan menjadi lebih akurat.

3. Membantu Evaluator ketika mereka kebingungan

Berikan bantuan pada evaluator dalam bentuk apapun saat mereka kesulitan menggunakan fitur yang ada pada interface. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi evaluator dalam melakukan pemeriksaan dan tentunya dapat menghemat waktu .

Setelah membahas beberapa hal penting yang harus diperhatikan, dan dilakukan pada Heuristic Evaluation, berikut ini akan dijelaskan bagaimana proses evaluasi secara formal .

1. Training

Pada proses ini, semua pihak yang terlibat pada pengembangan produk yaitu tim developer akan disatukan juga dengan tim evaluator. Tujuannya adalah agar tim evaluator, dapat mengetahui hal hal penting yang mereka butuhkan untuk pemeriksaan ini, scenario penggunaan, user target yang akan disampaikan oleh tim developer.

2. Evaluasi

Pada proses ini, evaluator akan melakukan proses pemeriksaan dan evaluasi secara terpisah, dilakukan oleh mereka sendiri mulai dari proses pengerjaan maupun pengamatan. Evaluator akan dapat berfokus hanya pada nilai usability sebuah interface dan tidak menilai dari sisi lainnya.

3. Severy Rating

Semua masalah yang telah diidentifikasi pada tahap evaluasi oleh beberapa evaluator kemudian dikumpulkan menjadi satu daftar. Selanjutnya, evaluator akan memberikan tingkat penilaian kesalahan ( severy rating ) terhadap hasil evaluasi, dan mengambil rataan dari hasil kompilasi tersebut.

Ada beberapa factor penilaian pada penentuan severy rating , yaitu :

a) Frekuensi terjadi — Apakah umum atau jarang

b) Dampak pada user — Mudah atau sulit diatasi

c) Persistensi — Diatasi cukup sekali atau harus berulang kali

Skala penentuan severity yaitu :

a) Cosmetic : Tidak harus diperbaiki

b) Minor : Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah

c) Major : Perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi

d) Catastrophic : Sangat perlu untuk diperbaiki

4. Tanya Jawab

Pada proses ini, tim desain dan evaluator bertemu untuk membahas hasil kerja, dan akan dilakukan braindstorming untuk mencari solusi yang memungkinka

Add a comment

Related posts:

The little t and the Big T

Technology teams are a bunch of people applying computer science problem solving to business problems that produce technology. And perhaps, a few people supporting the platforms that help enable the…

The FBI Are Rounding Up Violent Activists

Just as the protests are beginning to dwindle, the feds are placing violent activists in handcuffs. Many arrested face serious charges and prison time. Along with a national TV audience, the FBI was…

Alberta Provincial Nominee Program

The Alberta Provincial Nominee Program is the most suitable pathway for you if you’re thinking about immigrating to Canada. The province of Alberta has developed into a preferred location for people…